Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Siswa Kelas V SD Kristen 1 Kabupaten Wonosobo Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Yulian, Andreas |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7837 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar Matematika dapat diupayakan melalui model pembelajaran RME siswa kelas V SD Kristen 1 Wonosobo Kabupaten Wonosobo Semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta 3) refleksi. Unit penelitian adalah siswa kelas V SD Kristen 1 Kabupaten Wonosobo sebanyak 25 siswa.Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran RME, serta hasil belajar. Hasil belajar diukur melalui unjuk kerja dan tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Kristen 1 Wonosobo semester 2 tahun pelajaran 2013/2014 yang diupayakan melalui model pembelajaran RME. Hal ini nampak pada hasil belajar pra siklus tidak ada siswa yang tuntas dengan KKM ≥70. Setelah memperoleh tindakan, hasil belajar siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 64% (16 siswa) dari 25 siswa, siklus II meningkat menjadi 84% (21 siswa) dari seluruh siswa. Skor minimal pada pra siklus adalah 28, kemudian pada siklus I skor minimal meningkat menjadi 71, pada siklus II skor minimal menjadi 78. Skor maksimal pada pra siklus adalah 41, pada siklus I skor rata-rata meningkat menjadi 73,2, skor rata-rata siklus II sebesar 78,4 . Disarankan kepada guru untuk memilih dan menggunakan model pembelajaran RME dalam pembelajaran Matematika, dengan melakukan teknik penilaian tes dan teknik non tes yang berupa unjuk kerja.