Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Microsoft PowerPoint Siswa Kelas 4 SDN Watupawon Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Supeni, Tri Endah |
---|---|
Other Authors: | Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7817 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Watupawon Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan yang disebabkan dalam pembelajaran IPA guru hanya menjelaskan materi yang ada di buku teks dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, selain itu model pembelajaran yang digunakan masih konvensional yaitu dengan berceramah. Pada pembelajaran IPA siswa akan cepat menempatkan konsepkonsep ke dalam memori jangka panjang jika berinteraksi dengan siswa yang lain. Oleh karena itu, pada pembelajaran IPA di kelas 4 SDN Watupawon perlu menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Ms. PowerPoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dan bagaimanakah penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization berbantuan Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Watupawon Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model dari John Elliott dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Watupawon Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknis tes (tes formatif) dan observasi (observasi guru dan siswa). Instrumen penelitian dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskripstif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil belajar siswa kondisi awal, siklus I, dan siklus II dengan kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 90% dari seluruh siswa yang hadir mencapai KKM =67. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Watupawon Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Microsoft PowerPoint. Hal ini nampak pada perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal (pra siklus) sebesar 44,82%, siklus I meningkat menjadi 75,86%, dan pada siklus II meningkat menjadi 95,55%. Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA SD dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Microsoft PowerPoint .