Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Berbantuan Media Video pada Siswa Kelas 4 SDN Dukuh 03 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Estiningrum, Katarina Pamungkas |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7795 |
Daftar Isi:
- Interaksi yang baik antara guru dan siswa merupakan salah satu unsur yang penting dalam keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Dalam pembelajaran di kelas 4 SDN Dukuh 03, interaksi antara guru dan siswa belum terlalu nampak, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi kurang maksimal. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penggunaan model STM berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas 4 SDN Dukuh 03 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014”, dan “Bagaimanakah penggunaan model STM berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas 4 SDN Dukuh 03 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014”. Untuk itu penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan model Sains Teknologi Masyarakat berbantuan media video pada siswa kelas 4 SDN Dukuh 03 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan tahapan (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Dukuh 03 Salatiga yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi untuk langkah-langkah model pembelajaran STM berbantuan media video. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif hasil belajar. Penggunaan model STM berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas 4 SDN Dukuh 03 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mulanya pada pembelajaran prasiklus sebesar 60%. Pada pembelajaran siklus 1 meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 73. Kemudian meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 100% dari keseluruhan jumlah siswa. Dengan penggunaan model STM berbantuan media video, siswa menjadi lebih antusias dalam belajar. Hal ini ditunjukkan dengan semangat siswa dalam menjawab pertanyaan, aktif dalam diskusi kelompok dan pengungkapan pendapat selama pembelajaran. Siswa menjadi lebih termotivasi untuk ikut serta menjawab pertanyaan sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki siswa.