Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Tps (Think-Pair-Share) Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa pada Pelajaran Matematika Bangun Ruang Kelas V SD Gugus Hasanudin Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali

Main Author: Rahayu, Juli
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/779
Daftar Isi:
  • Salah satu hal yang harus diperhatikan seorang guru dalam proses pelaksanaan tugas pengajaran yaitu penggunaan metode yang tepat dalam mengajar. Peneliti menggunakan model cooperative learning tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam penelitiannya dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model cooperative learning tipe TPS (Think-Pair-Share) terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada pelajaran Matematika Bangun Ruang Kelas V SD Gugus Hasanudin Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Kedua kelompok diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal, post-test dan angket untuk mengetahui perbedaan setelah diberi perlakuan, dan unjuk kerja untuk mengetahui hasil belajar psikomotor kelas eksperimen setelah diberi perlakuan model cooperative learning tipe TPS. Analisis data ranah kognitif dan afektif menggunakan uji homogenitas, normalitas, dan uji t sedangkan analisis data ranah psikomotor menggunakan analisis deskriptif. Untuk membuat kesimpulan dilihat dari hasil uji t yaitu uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol serta analisis deskriptif berupa hasil unjuk kerja siswa. Hasil penelitian yang dilaksanakan, analisis data hasil dari uji t dan deskriptif data. Diketahui probabilitas signifikasi ranah kognitif 0.035<0.05 dengan rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 70.9 dan rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 60.9 dan signifikasi ranah afektif 0.011<0.05 dengan rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 11 dan rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 10.3, maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe Think-Pair-Share dengan metode konvensional. Hasil deskriptif data ranah psikomotor diperoleh hasil penilaian unjuk kerja > 22 dengan skor rata-rata unjuk kerja 27.9 skor minimal 24 dan skor maksimal 33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe TPS efektif terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas V SD.