Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode TTW (Think, Talk, and Write ) Siswa Kelas V SD Kayuapu Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Suciati, Ningsih |
---|---|
Other Authors: | Mulyani, Petra kristi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7768 |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil prapenelitian menulis karangan pada siswa kelas V di SD Kayuapu Kecamatan Bae Kabupaten Kudus pada tahun pelajaran 2012/2013 ini, menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran yang berkualitas. Hasil yang diperoleh masih jauh dari harapan atau kurang memuaskan. Tingkat keberhasilan baru 33% dengan rata-rata nilai 59 dari (KKM) 65. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran menulis karangan pada prapenelitian yang meliputi 3 aspek penilaian (aspek ketepatan bentuk, aspek ketepatan isi, dan aspek kreativitas) Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran TTW dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas V SD Kayuapu semester I tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran TTW bagi siswa kelas V semester I tahun 2012/2013 SD Kayuapu. Penelitian Tindakan Kelas ini secara umum meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa sekolah dasar. Sedangkan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V SD Kayuapu Kecamatan Bae Kabupaten Kudus pada semester I tahun pelajaran 2012/2013 bertempat di SD Kayuapu Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Kayuapu Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 23 terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Sesuai dengan materi pelajaran yaitu tentang menulis karangan, maka guru pertama kali melakukan pengamatan terhadap kemampuan membaca siswa, untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa guru menggunakan metode tes, angket, wawancara dan hasil tes formatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode TTW (Think, Talk and write), hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Kayuapu Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan. Dari rata-rata kondisi awal 60,43, siklus I nilai rata-rata 66,52 dan siklus II nilai rata-rata 77,83. Kesimpulan berdasarkan data empirik sesuai dengan pengajuan hipotesis dan kajian teoritik yaitu “Melalui metode TTW (think, talk an write) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang menulis karangan bagi siswa kelas V semester I SD Kayuapu Tahun Pelajaran 2012/2013.