Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Tahapan Belajar Menurut Teori Dienes Siswa Kelas II SD Negeri Gabahan, Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Semester II Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Nursanti, Eka
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/774
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar Matematika yang diperoleh siswa pra siklus belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65. Dari 25 siswa diketahui hanya 8 siswa nilainya ≥ 65 yang dapat mencapai diatas KKM sedangkan, siswa yang memperoleh nilai < 65 atau belum tuntas ada 17 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari data kondisi awal daftar nilai ulangan harian dengan materi perkalian tersebut menunjukkan bahwa yang mencapai KKM adalah 32% sedangkan yang belum memenuhi KKM adalah 68%. KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 65 dengan ketuntasan klasikal 80%. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah tahapan-tahapan belajar menurut teori Dienes dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengamatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Gabahan Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tahapan-tahapan belajar menurut teori Dienes dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Gabahan. Hal tersebut ditandai ketercapaian indicator keberhasilan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 32%, siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 84%. Saran yang diajukan (1) para guru hendaknya menggunakan tahapantahapan belajar menurut teori Dienes dalam mengajar matematika khususnya kelas II pada pokok bahasan perkalian dan pembagian. Hal ini sesuai dengan di terapkan tahapan-tahapan belajar menurut teori Dienes yang terdiri dari 6 tahap yaitu permainan bebas, permainan menggunakan aturan, kesamaan sifat, representasi, simbolisasi, dan formulalisasi. 2) pilihlah metode yang menarik dalam pembelajaran matematika agar siswa tidak bosan dan tidak pasif selama pembelajaran berlangsung dengan menyiapkan alat peraga yang digunakan.