Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar IPA dengan Penerapan Pembelajaran The Power of Two pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Danyang Purwodadi Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Antono, Ian |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7739 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar IPA Dengan Penerapan Pembelajaran The Power Of Two Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Danyang Purwodadi Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014”. Tujuan Penelitian adalah Meningkatkan minat balajar terhadap mata pelajaran IPA melalui metode The Power of Two di SDN Dayang 03 Purwodadi Grobogan dan Meningkatkan hasil belajar IPA Melalui metode The Power of Two di SDN Dayang 03 Purwodadi Grobogan. Tindakan kelas dilakukan dengan metode The Power Of Two dan diakhiri dengan post-test dan angket minat belajar. Pada prasiklus minat belajar 66,91 (41,66%) siswa memiliki skor minat belajar tinggi, pada siklus I meningkat menjadi 71,08 (50%) siswa memiliki skor minat belajar tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 80 (83%) siswa memiliki skor minat belajar tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada prasiklus rata-ratanya 60 (33.33%) siswa mencapai KKM, pada siklus I menjadi rata-ratanya 64 (58.33%) siswa mencapai KKM dan pada siklus II rata-ratanya 77 (91,66%) siswa mencapai KKM.Peningkatan terjadi karena minat siswa akan pembalajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran the power of two tinggi, ketika minat belajar tinggi maka hasil belajar juga meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran the power of two dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 03 Danyang Purwodadi Grobogan tahun Pelajaran 2013/2014