Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Intertekstual Terhadap Hasil Belajar Materi Kesetimbangan Kimia dan Literasi Kimia Siswa SMA Kelas XI Ditinjau dari Kemampuan Awal
Main Authors: | Yuliana, Ika Farida, Dasna, I Wayan, Marfuah, Siti |
---|---|
Format: | Proceeding application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Biologi Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7738 |
Daftar Isi:
- Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2015, p. 304-311
- Karakteristik materi kesetimbangan kimia yang mencakup ketiga level multi representasi dapat menimbulkan kesulitan belajar. Hal tersebut dapat diatasi dengan metode pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategi intertekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh inkuiri terbimbing dengan pendekatan intertekstual terhadap basil belajar kognitif dan literasi kimia; (2) pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif dan literasi kimia; (3) interaksi antara kemampuan awal dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif dan literasi kimia Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan post-test only control group design. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing dengan pendekatan intertestual sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing. Data penelitian adalah tes hasil belajar kognitif dan kemampuan literasi kimia Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh inkuiri terbimbing dengan pendekatan intertekstual terhadap hasil belajar kognitif dan literasi kimia; (2) ada pengaruh kemampuan awal yang berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan literasi kimia; (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dan literasi kimia