Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Penerapan Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 1 Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Anggraeni, Devi |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7732 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar IPA dengan penerapan pembelajaran inkuiri siswa kelas V SD Negeri 1 Dlimoyo; (2) meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan pembelajaran inkuiri siswa kelas V SD Negeri 1 Dlimoyo; (3) mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Dlimoyo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunkan model Hopskin dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Dlimoyo dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data penerapan pembelajaran inkuiri dan aktivitas belajar IPA dengan teknik non tes yaitu observasi, sedangkan hasil belajar IPA menggunkan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA kelas V SDN 1 Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung semester II tahun pelajaran 2013/2014; (2) Penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung semester II tahun pelajaran 2013/2014; (3) Penerapan langkah-langkah pembelajaran inkuiri meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung semester II tahun pelajaran 2013/2014 karena siswa melakukan aktivitas belajar IPA secara maksimal, hal ini ditunjukkan dari peningkatan aktivitas belajar IPA baik aktivitas fisik, mental maupun emosional serta siswa memperoleh pemahaman materi secara mendalam dari proses penemuan yang dilakukan dalam penerapan pembelajaran inkuiri. Disarankan bagi penelitian selanjutnya dapat menambah kajian teori tentang penerapan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA. bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA dapat melakukan aktivitas belajar secara maksimal agar hasil belajar IPA dapat teracapai secara maksimal. Guru hendaknya dapat menerapkan pembelajaran inkuiri sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa sehingga tujuan pembelajaran IPA dapat tercapai secara maksimal. Kepala sekolah dapat menyarankan dan memberi masukan bagi guru kelas untuk memilih strategi yang tepat dalam mengembangkan pembelajaran IPA agar memperoleh hasil yang maksimal.