Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri Kebumen 01 Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Andriyanto
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/772
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media macromedia Flash 8.0 terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental (Experimental Research) dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan observasi terhadap siswa kelas V SD Negeri Kebumen 01 dan 03 yang menjadi sampel dalam penelitian. Analisis data menggunakan Regresi linier sederhana dengan bantuan program perhitungan SPSS for window versi 16,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media macromedia Flash 8.0 mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SD Negeri Kebumen 01. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil analisis uji t-test, hasil t-hitung menunjukkan angka 3,913 yaitu lebih besar dari t-tabel yaitu 2,004 (lihat t-tabel pada lampiran), dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedi Flash 8.0 dalam pembelajaran adalah signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil posttest siswa, yaitu untuk kelompok eksperimen 80,00 dan untuk kelompok kontrol 71,20 dengan perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar 8,80 dan rentangan perbedaan yang cukup tinggi yaitu berkisar 4,2931 5sampai 13,30685 (lihat pada tabel 4.11 Independent Samples Test untuk lower dan upper).