Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SD 1 Rejosari Dawe Kudus Semester I Tahun 2012/2013
Main Author: | Solechah |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7715 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picturedi kelas IV SD 1 Rejosari semester ganjil tahun 2012/2013. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur dalam tiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kondisi awal sebelum penelitian, nilai ulangan IPA pada semester ganjil rata-rata kelas masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yaitu 65 dari KKM yang ditetapkan sebesar 75, jadi masih jauh dari ketuntasan yang diharapkan. Persentase ketuntasan dari 20 siswa baru 6 siswa yang mencapai nilai =KKM 75 dengan persentase 30 % dan yang belum tuntas 14 siswa dengan persentase 70%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persebaran SDA dan pemanfaatannya pada siswa kelas IV SD 1 Rejosari pada semester ganjil tahun 2012/2013. Hal tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan rata-rata hasil belajar IPS dari siklus I sebesar 72 dan 84 pada siklus II. Sedangkan pencapaian ketuntasan belajar individual siklus I sebesar 40%dan siklus II 95%. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat semakin meningkat dari rata-rata cukup baik menjadi baik. Demikian juga aktivitas guru semakin meningkat yakni guru terampil mengelola proses belajar mengajar IPS yang ditandai dengan aktivitas guru minimal baik dalam lembar observasi dan mampu menerapkan model pembelajaran yang dapat memotivasi aktivitas siswa dalam belajar.