Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 02 Ngombak Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Prasetya, Deni
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7708
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SDN 02 Ngombak Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Semester Genap 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Discovery. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang melalui tahap perencanaan, implementasi tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklusnya. Ada tiga pertemuan dalam satu siklus dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran discovery yaitu stimullation, problem statement, data collection, data processing, verification dan generalization. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD N 02 Ngombak yang berjumlah 27 anak, terdiri dari 13 peserta didik lakilaki dan 14 peserta didik perempuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar angket motivasi, dan butir soal tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan yang dicapai peserta didik pada siklus I dan siklusII. Pada siklus I, sebanyak 12 peserta didik telah mencapai KKM dan 15 peserta didik belum mencapai KKM (65) dengan rata-rata 59,7. 1 orang peserta didik memiliki motivasi belajar IPA sangat rendah, 18 peserta didik motivasi belajarnya tinggi, dan 8 peserta didik memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Pada siklus II, 25 peserta didik telah mencapai KKM dan 2 peserta didik belum mencapai KKM dengan rata-rata 75,2. 12 peserta didik memiliki motivasi belajar IPA tinggi dan 15 peserta didik memiliki motivasi belajar IPA sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Ngombak Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan semester genap tahun pelajaran 2013/2014.