Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Melalui Pendekatan Kontektual pada Siswa Kelas VI Semester II SDN Ketanggan 02 Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Yudiono
Other Authors: Sarono, Ridha
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/770
Daftar Isi:
  • Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi perkembang - biakan tumbuhan siswa kelas VI semester II SDN Ketanggan 02 tahun 2011/2012 melalui pendekatan konstektual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Mujiman, 2007: 34) dengan tiga tahapan yaitu Perencanaan tindakan (Plenning), pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation) serta revleksi (revlection). Subjek penelitian ini dilaksanakan di SDN Ketanggan 02 semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Setelah diadakan penelitian dengan menggunakan pendekatan Kontekstual pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 82,35 % ( 14 anak dari 17 anak), yang belum tuntas 17,65 % (3 anak dari 17 anak). Sedang penelitian pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100 %. Penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar anak, indicator keberhasilan itu meningkatnya hasil belajar anak menjadi 82,35 % setelah dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual. Hal ini disebabkan dengan pendekatan kontekstual anak lebih aktif dan lebih mandiri sehingga daya serap anak meningkat. Bagi guru sekolah dasar hendaknya dalam melakukan proses Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual agar hasil yang diperoleh anak optimal, karena dengan pendekatan kontekstual anak langsung mendapat pengalaman dari alam atau lingkungan.