Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas IV SDN Mangunsari 03 Salatiga Tahun 2013/2014

Main Author: Drastistiana, Della
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7695
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mangunsari 03 Salatiga Semester I tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN Mangunsari 03 Salatiga. Dalam pelaksanaan penelitian melibatkan guru dan teman sejawat sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengadakan kuis individual untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal berdasarkan hasil observasi adalah 54% atau 17 siswa belum tuntas sesuai dengan KKM >70, sedangkan 46% atau 15 siswa sudah mencapai ketuntasan belajar. Setelah diadakan tindakan pada siklus I hasil tes menunjukkan 43,75% atau 14 siswa tuntas belajar sesuai dengan KKM >70 dan 18 siswa atau 56,25% belum tuntas belajar karena masih dibawah KKM. Hasil tersebut masih belum maksimal harus diperbaiki pada siklus II karena belum mencapai indicator keberhasilan. Pada siklus II hasil belajar menunjukkan 68,75% atau 22 siswa sudah memenuhi KKM dan 31,25% atau 10 siswa dibawah KKM, sehingga indicator keberhasilan sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meingkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mangunsari 03 Salatiga semester 1 tahun 2013/2014.