Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Lidi pada Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Banaran Semester II Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Widiastuti |
---|---|
Other Authors: | Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/769 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Banaran Kecamatan Banyuputih kabupaten Batang masih rendah. Berdasarkan hasil ulangan harian pelajaran matematika tentang penjumlahan bilangan bulat menunjukkan bahwa pembelajaran kurang berhasil. Pada hal menurut informasi guru tersebut dalam pembelajaran sehari-hari sudah dijelaskan secara lisan, sudah diberi contoh-contoh, dan bahkan sudah diberai soal-soal latihan dan memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya, namun mereka tak memanfaatkan kesempatan tersebut. Rendahnya penguasaan kemampuan menghitung penjumlahan dalam pembelajaran tersebut dikarenakan kurang tepatnya model pembelajaran dan media yang digunakannya. Sehingga siswa menjadi tidak aktif, mudah bosan, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan diperlukan model pembelajaran dengan media yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran dengan menggunakan media lidi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV SDN Banaran Kabupaten Batang semester II tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data tentang keterampilan siswa menggunakan media pada penjumlahan bilangan bulat, dilakukan melalui tes lesan pada awal pelajaran, observasi, evaluasi proses pada waktu siswa memperagakan media dan evaluasi tertulis pada akhir pembelajaran. Penelitian ini di lakukan melalui tiga tahapan tindakan yaitu: menggunakan media lidi secara berpasangan, menggunakan media lidi yang berwarna secara berpasangan dan menggunakan media lidi yang berwarna secara perorangan. Hasil tes awal menunjukan rata-rata hasil belajar 51,76 dengan prosentase ketuntasan 29,41%. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran matematika menggunakan media lidi yakni siklus I 65,58 dan siklus II 75,29. Sedangkan persentase ketuntasan individual yang diperoleh pada setiap siklus adalah siklus I 76,47% dan siklus II 94.11%. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media lidi, mulai tindakan I dan II menunjukkan peningkatan baik hasil belajar, maupun pemahaman subyek penelitian terhadap penjumlahan bilangan bulat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran menggunakan media lidi dengan desain penelitian penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang semester II tahun ajaran 2011/2012.