Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Belah Terong melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 2 Kapung Semester I Tahun 2012/ 2013

Main Author: Sumiyati
Other Authors: Rahardja, Widi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7683
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah dari jumlah 24 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sebanyak 9 siswa ( 37,50 % ) sedangkan yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebanyak 15 siswa ( 62,50 % ) adapun nilai rata-rata kelas 52,08 yang termasuk dalam kategori rendah. Penulis merumuskan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini dalam bentuk pertanyaan, yaitu “ Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/2013 ?“. Melalui penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 6 Tanjungrejo. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data terdiri dari lembar pengamatan untuk mengukur efektivitas penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran serta tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 6 Tanjungrejo yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Pada kondisi awal, hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai kelas 52,08, dengan 9 siswa telah mencapai KKM dan 15 siswa belum mencapai KKM. Pada Siklus I hasil belajar siswa meningkat yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas 57,70, dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 14 dan 10 siswa belum mencapaiKKM. Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebanyak 69,16 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 24 siswa atau 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas IV SDN 6 Tanjungrejo.