Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Kerja Kelompok dan Pemanfaatan Alat Peraga Bangun Datar Bagi Siswa Kelas I SD Negeri Banaran semester II Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Wagimin |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/767 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal bangun datar pada pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga bangun datar pada siswa kelas I SD negeri Banaran tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kerja kelompok dan alat peraga bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang tahun pelajaran 2011/2012 sejumlah 19 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik tes, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi yang meliputi data penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode kerja kelompok dan alat peraga bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Banaran tahun pelajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah siswa yang pada kondisi awal hanya 6 siswa (32%) menjadi 13 siswa (69%) pada siklus pertama dan mencapai 19 siswa (100%) pada siklus II.