Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas Iv SD Negeri Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Mulyadi |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7662 |
Daftar Isi:
- Pencapain tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Permasalahan yang di hadapi adalah minat siswa pada materi pembelajaran matematika masih kurang, siswa tidak berani bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru, guru kurang memberi motivasi pada siswa. Hal itu disebabkan karena guru kurang kreatif, dalam kegiatan mengajar hanya berceramah saja tanpa disertai media apapun, metode kurang bervariasi serta kurang melibatkan siswa, mendominasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar, membatasi kreatifitas siswa dan belum menggunakan metode yang menarik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu Metode Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penggunaan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Medani semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus I dilaksanakan pada bulan September 2012. Hasil belajar pada siklus I yang diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 69%. Siklus II dilaksanakan pada bulanSeptember dan Oktober 2012. Hasil belajar pada siklus II diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus II dengan ketuntasan klasikal 78%.Saran yang dapat diambil dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah dapat pengetahuan atau teori yang baru tentang pembelajaran matematika dengan penggunaan metode problem silving yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Bagi guru pembelajaran menggunakan metode problem silving dapat mengetahui segala kekurangan yang ada dalam dirinya dan dapat dipergunakan sebagai bahan koreksi dan perbaikan untuk proses pembelajaran berikutnya. Bagi siswa pembelajaran menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran matematika sehingga pemahaman konsep yang lebih baik sudah pasti akan meningkatkan hasil belajar matematika. Bagi sekolah dapat memberi masukan kepada guru tentang upaya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Imatematika melaluipenggunaan metode problem solving.