Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pecahan Sederhana dengan Metode Pemecahan Masalah Melalui Kerja Kelompok pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Krengseng 03 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Semester II Tahun 2011/2012
Main Author: | Murodah, Nailil |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/764 |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok di sekolah, yang ada di setiap jenjang pendidikan dan menengah. Matematika juga menjadi salah satu dari tiga (3) mata palajaran yang dimasukkan dalam UASBN selain Bahasa Indonesia dan IPA. Namun dalam pembelajaran materi pecahan sederhana siswa belum menunjukkan hasil yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pemecahan masalah melalui kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pengerjaan pecahan sederhana pada siswa kelas IV SD Negeri Krengseng 03 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Jenis penelitian yang penulis ambil adalah Penelitian Tindakan Kelas menurut Kurt Lewin yang merancang bahwa Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, masing – masing terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa untuk mata pelajaran matematika yang dibuktikan dengan hasil yang diperoleh pada PraSiklus dari 15 siswa kelas VI yang mengikuti pelajaran matematika materi pecahan sederhana dengan penerapan metode pemecahan masalah melalui kerja kelompok, nilai ≥ 6,3 sebanyak 6 siswa atau 40% telah mampu mencapai standar KKM dan 9 siswa atau 60 % belum memenuhi kriteria ketuntasan nilai. Dan pada Siklus I mengalami peningkatan yaitu 9 siswa atau 60% telah mampu mencapai standar nilai KKM yaitu ≥ 6,3 atau tinggal 6 siswa ( 40 % ) yang belum tuntas. Sedangkan hasil tes siklus II setelah pelaksanaan tindakan, data siswa yang mendapat nilai ≥ 6,3 sebanyak 15 siswa. Jadi telah mencapai ketuntasan hasil belajar 100%. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian yaitu dengan penerapan metode pemecahan masalah melalui kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam mencari pecahan sederhana pada siswa kelas VI SD Negeri Krengseng 03 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Akhirnya penulis menyarankan kepada seluruh guru untuk selalu kreatif dalam menyajikan pembelajaran dengan menggunakan metode – metode yang dapat menarik minat siswa, sehingga matematika yang selama ini menjadi momok bagi siswa akan berubah menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan bagi mereka. Penerapan metode pemecahan masalah melalui kerja kelompok dapat membawa siswa aktif, kreatif, menyenangkan dan batas tuntas hasil belajar siswa dapat terpercapai.