enggunaan Media Gambar Melalui Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Wimbaningsih, Rekno
Other Authors: Sarwono, Ridho
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7599
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah seringnya guru dalam menyajikan materi pelajaran IPA tanpa melibatkan media pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang optimal. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang optimal di bawah KKM 70, serta dengan persentase di bawah 80%, dapat dilihat persentase sebesar 48%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode inquiri dengan menggunakan media gamabar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD Negeri 2 Tlogogorejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar IPA dan observasi untuk melihat kinerja guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 72% atau 18% siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 88% atau 22 siswa tuntas dari 25 siswa. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa melalui metode inquiridengan menggunakan media gambar dalam nquiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II. Dapat digunakan untuk memotivasi guru, agar dapat memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan metode inquiri.