Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri Jumo 3 Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan SemesterI Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Susanto, Tri |
---|---|
Other Authors: | Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7598 |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan mata pelajaran yang susah untuk dimengerti. Siswa merasa kurang senang, kurang berminat dan siswa tidak aktif selama pembelajaran. Indikasi yang paling mudah ditemukan adalah hasil belajar siswa yang cenderung kurang memuaskan. Bedasarkan pengalaman peneliti sebagi guru kelas 4 SD Negeri Jumo 3, proses kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran matematika belum menggunakan pembelajaran yang menarik. Minat siswa untuk belajar matematika sangat kurang yang dapat ditunjukan dari persentase siswa yang mempunyai nilai diatas (KKM 65) hanya 33%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri Jumo 3 Semester 1 tahun Pelajaran 2013/2014.Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri Jumo 3 Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Peneltian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalma penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Jumo 3 Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 21 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/ tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus 1 dilaksanakan pada bulan Agutus 2012. Hasil belajar pada siklus 1 diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 57% atau 12 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajr siswa mencapai 81% atau 17 siswa tuntas. Dari seluruh pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran matematika di kelas 4 SD Negeri Jumo 3 Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan dapat disimpulkan sebagi berikut: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran matematika di kelas 4 semester 1 SD Negeri Jumo 3 dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan klasikal hasil belajar matematika. Sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ketuntasan belajar siswa dalam kelas 33% atau 7 siswa. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 57% atau 12 siswa runtas pada siklus 1, pada siklus 2 diperoleh ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 81% atau 17 siswa