Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 2 Panimbo kecamatan Kedungjati kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Daryono |
---|---|
Other Authors: | Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7591 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas 5 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picturedi SD Negeri 2 Panimbo Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan semester I tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus. Data siswa diperoleh dari data semester I tahun pelajaran 2012/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 2 Panimbo Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Peningkatan dapat terlihat dari nilai ratarata kelas dan yang pasti yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu = 70 atau dapat di lihat dari indikator ketuntasan yaitu sebesar = 85%. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa dalam kondisi awal yaitu sebesar 67,37, siklus I meningkat menjadi 68,75 dan siklus II lebih meningkat menjadi 84,37. Jumlah siswa yang belum tuntas dan yang sudah tuntas pun meningkat. Pada kondisi awal ketuntasan hasil belajar IPA hanya 46,87%, pada siklus I naik menjadi 53,13%, dan pada siklus II naik menjadi 96,87%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Pictureperlu disosialisasikan kepada guru dan diterapkan dalam pembelajaran IPA terutama untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebagai pengembangan diri sehingga dapat mengembangkan penelitian dalam ruang lingkup yang lebih luas.