Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 5 Sd Negeri 02 Ngeluk Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Margini
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7590
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 SDN 02 Ngeluk pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa pasif saat pembelajaran berlangsung serta guru lebih banyak menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah “Apakah dengan melalui model pembelajaran picture and picture dengan metode demonstrasipada mata pelajaran IPA dengan standar kompetensi organ tubuh manusia dan hewan kelas 5 di SDN 02 Ngeluk Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa” Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan sedangkan siklus 2 terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi saat pembelajaran dan evaluasi hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda di akhir pembelajaran. Teknik analisis data adalah teknik analisis diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria ketuntasan yaitu minimal 80% dari seluruh siswa kelas 5 SD Negeri 02 Ngeluk dengan KKM yang ditentukan yaitu rata-rata nilai 65. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 SDN 02 Ngeluk pada mata pelajaran Ilmu PengetahuanAlam melalui model picture and picturedengan metode demonstrasiyang di tandai dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase siswa yang tuntas dalam belajar hanya 38,11% dan setelah adanya tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 71,44% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan lagi 95,24%. Pembelajaran melalui model picture and picturedengan metode demonstrasidisajikan dalam bentuk gambar, diskusi kelompok dan soal evaluasi. Saran tindak lanjut bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya siswa ikut terlibat aktif serta guru harus lebih kreatif dalam menyajikan model dan metode pembelajaran yang menarik seperti model picture and picturedengan metode demonstrasi.