Penerapan Metode Kerja Kelompok Dengan Memanfaatkan Media Kartu Berkuis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Purmini |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus Christian |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7588 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah guru hanya menggunakan metode ceramah yang menjemukan lalu pemberian tugas setelah ceramah selesai. Siswa tidak berminat terhadap materi pelajaran yang diberikan guru dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam memanfaatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada. Sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Kuripan kurang memuaskan, dengan ditunjukkan ketuntasan klasikal siswa hanya 50% atau 14 siswa yang nilainya mencapai KKM matematika yaitu 61. Penelitian ini dapat dirumuskan masalah yaitu apakah penerapan metode kerja kelompok dengan memanfaatkan media kartu berkuis dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode kerja kelompok dengan memanfaatkan media kartu berkuis pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning),pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing),dan refleksi (reflecting). Hasil belajar pada siklus 1 diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan kedua siklus 1 dengan ketuntasan klasikal 71% atau 20 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 96% atau 27 siswa tuntas dari 28 siswa. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini diambil simpulan yaitu penerapan metode kerja kelompok dengan memanfaatkan media kartu berkuis dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Kuripan. Siswa akan merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran matematika dengan memanfaatkan media kartu berkuis dalam penerapan metode kerja kelompok. Guru dapat menemukan pengalaman dengan memanfaatkan media kartu berkuis dalam penerapan metode kerja kelompok untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III. Bagi Sekolah dapat digunakan untuk memotivasi guru, agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah. Diperoleh pengetahuan baru tentang pemanfaatan media kartu berkuis dalam penerapan penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika.