Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media Gambar melalui Metode Discovery pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Murtiany, Agnes |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7576 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah guru hanya menggunakan metode ceramah yang menjemukan lalu pemberian tugas setelah ceramah selesai. Siswa tidak berminat terhadap materi pelajaran yang diberikan guru dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam menggunakan berbagai sarana dan prasarana yang ada. Sehingga hasil belajar IPA siswa rendah. Hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 2 Tlogorejo kurang memuaskan, dengan ditunjukkan ketuntasan klasikal siswa hanya 35% atau 16 siswa yang tuntas hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah menggunakan media gambar serta melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013? Salah satu tindakan yang mampu membantu permasalah yang diuraikan pada penelitian ini, yaitu dengan pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 2 Tlogorejo semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Tlogorejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning),pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing),dan refleksi (reflecting). Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti melibatkan teman sejawat sebagai pengamat. Sumber data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil belajar prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil belajar pada siklus 1 diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus 1 dengan ketuntasan klasikal 43% atau 20 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 89% atau 41 siswa tuntas dari 46 siswa. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa: Siswa akan merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar, Guru dapat menemukan pengalaman dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III. Bagi Sekolah dapat digunakan untuk memotivasi guru, agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah, diperoleh pengetahuan baru melalui metode discovery dan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA.