Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media Gambar melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas I SD Negeri 5 Menduran Semester 1 Tahun 2012 - 2013

Main Author: Sabekti, Kusrini
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7574
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang kurang optimal dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM 61,terbukti pada kondisi awal yaitu dengan prosentase sebesar 29 % atau yang tuntas hanya 8, dan berarti yang tidak tuntas 19 siswa. Latar belakang penelitian ini adalah guru hanya menggunakan metode ceramah yang menjemukan lalu pemberian tugas setelah ceramah selesai. Siswa tidak berminat terhadap materi pelajaran yang diberikan guru dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam memanfaatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada. Sehingga hasil belajar IPA siswa rendah. Hasil belajar IPA siswa kelas I SD Negeri 5 Menduran kurang memuaskan, dengan ditunjukkan ketuntasan klasikal siswa hanya 29% atau 8 siswa yang tuntas hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan nilai di atas KKM 61 serta bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi pertumbuhaKegunaan dan bentuk benda pada siswa kelas I SD Negeri 5 Menduran Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013? Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Menduran Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 5 Menduran Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar IPA dan observasi untuk melihat kinerja guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 36% atau 10 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 93% siswa tuntas 25 Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa melalui metode demonstrasi dengan menggunakan media gambar akan mendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas I. Sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran IPA melalui metode demonstrasi dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran. Menemukan dan menjadi pengalaman menggunakan media gambar dengan melalui demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas I. Dapat digunakan untuk memotivasi guru, agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ada di sekolah yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan metode demonstrasi