Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kedungrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Lasdi, Mohamad |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/757 |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan mata pelajaran yang susah untuk dimengerti. Siswa merasa kurang senang, kurang berminat dan siswa tidak aktif selama pembelajaran. Indikasi yang paling mudah ditemukan adalah hasil belajar siswa yang cenderung kurang memuaskan.Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru kelas III SD Negeri 2 Kedungrejo, proses kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran matematika belum menggunakan pembelajaran yang menarik. Minat siswa untuk belajar matematika sangat kurang yang dapat ditunjukkan dari persentase siswa yang mempunyai nilai diatas KKM hanya 57%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kedungrejo semester 2 tahun pelajaran 2011/2012?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Kedungrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Kedungrejo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 47 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus I dan siklus 2 dilaksanakan pada bulan Maret 2012. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 70% atau 33 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 89% atau 42 siswa tuntas. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa akan mendapatkan pengetahuan tentang peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III melalui pembelajaran kooperatif, Sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif. Menemukan dan menjadi pengalaman menggunakan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III. Dapat digunakan untuk memotivasi guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pembelajaraan kooperatif.