Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan Bilangan melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas II SD N 2 Katekan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Semester Gasal Tahun 2012 / 2013
Main Author: | Supeni, Roro |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus Christian |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7557 |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pembelajaran Matematika SD dalam proses belajar mengajarnya harus diciptakan secara aktif, Inovatif, kreatif, efektif, serta didukung kompetensi guru untuk mengelola proses belajar mengajar dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik secara edukatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas 2 SD Negeri 2 Katekan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan Kompetensi Dasar Melakukan penjumlahan bilangan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang di teliti siswa kelas 2 SD Negeri 2 Katekan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation) serta refleksi (reflektion). Hasil belajar Matematika pada siswa kelas 2 SD Negeri 2 Katekan dari pra siklus ke siklus I dan dari suklus I ke siklus II meningkat, hal ini disebabkan adanya tindakan di dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Ketuntasan hasil belajar pada pra siklus hanya 7 siswa (35%) dari 20 siswa, pada siklus I menjadi 14 siswa (70%) dan pada siklus II sebanyak 18 siswa (100%) dari 20 siswa telah mencapai ketuntasan dengan KKM (65). Simpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Matematika Realistik dapat dilakukan dengan cara kegiatan matematisasi, yaitu proses mematematik akan dunia nyata. Dengan penerapan Matematika Realistik dalam mata pelajaran Matematika akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, jika dalam proses penerapan betul-betul dapat diterapkan sesuai dengan langkah-langkah dari penerapan masing-masing metode tersebut. Selain itu sikap dapat menentukan prestasi belajar sesorang memuaskan atau tidak. Sikap yang dimaksud adalah minat, keterbukaan pikiran, prasangka dan kesetiaan. Saran yang diambil dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) dapat memanfaatkan Pendekatan Matematika Realistik sebagai model pembelajaran yang ada tanpa harus mengeluarkan biaya lebih, 2) dapat mengembangkan dan memperbaharui cara mengajar untuk lebih meningkatkan perhatian siswa dalam pembelajaran Matematika, 3) sebagai informasi berharga bagi kepala sekolah ataupun guru untuk mengambil kebijakan yang tepat dalam kegiatan pengajaran dengan memanfaatkan model pembelajaran guna menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif, efektif dan efisien.