Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Penjumlahan melalui Metode Demonstrasi dengan Memanfaatkan Media Kartu Bilangan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Wuwur 01 Kecamatan Gabus Pati

Main Author: Supriyani, Titik
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7543
Daftar Isi:
  • unpublish: tidak ada daftar pustaka
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Selama ini proses pembelajaran matematika disekolah kebanyakan berpusat/terfokus pada guru, serta dalam pelaksanaannya guru memegang kendali, memainkan peran aktif, sedangkan siswa cenderung pasif dalam menerima informasi, pengetahuan dan keterampilan dari guru. Kebanyakan siswa tidak aktif untuk bertanya mereka cenderung diam dalam pembelajaran. Masalah yang dirumuskan sebagai berikut: ”apakah penggunaan metode demonstrasi kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Wuwur 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati”. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan metode demonstrasi dengan memanfaatkan media kartu bilangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research) dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Wuwur 01 Gabus Kabupaten Pati sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, persentase, membandingkan dan grafik/diagram.Dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan. Dengan menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi, siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 70) sebanyak 7 siswa dan yang mendapat nilai yang memenuhi KKM sebanyak 13 siswa. Dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 60. kemudian naik pada siklus 2 siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 70) sebanyak 3 siswa dan yang mendapat nilai yang memenuhi KKM sebanyak 17 siswa. Dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 60.Saran bagi guru matematika dengan menggunakan metode demonstrasi kartu bilangan menjadikan proses pembelajaran lebih bermutu. Indikasi pembelajaran yang bermutu adalah diperolehnya hasil belajar siswa yang meningkat. Dengan penggunaan media alat bantu Kartu bilangan menambah inspirasi guru untuk menciptakan cara yang lain dalam pembelajaran yang berbeda