Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Sidomulyo 01 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Suyikno
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7541
Daftar Isi:
  • Pemilihan metode pembelajaran sangat penting untuk dipertimbangkan oleh guru karena metode pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam mempelajari materi. Selama ini guru kurang memahami pentingnya metode pembelajaran sehingga siswa sering menjadi pasif dan bosan dalam pembelajaran, akibatnya proses pemahaman siswa terhadap materi, misalnya Matematika, menjadi terhambat. Karena permasalahan inilah peneliti memilih untuk mencoba menggunakan metode diskusi dalam penyampaian materi. Mata pelajaran yang dipilih penulis adalah Matematika dengan pokok bahasan operasi hitung campuran dengan pengaplikasian dengan metode diskusi kelompok kecil. Fokus permasalahan peneliti ini adalah “apakah penggunaan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 3 SD Negeri Sidomulyo 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013?” Penelitian ini menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini bertempat di SD Negeri Sidomulyo 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati pada bulan Oktober dengan mengambil subjek siswa kelas 3 yang berjumlah 22 anak. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktifitas siswa, observasi kinerja guru, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptifkomparatif. Dari observasi dan pengolahan data ditemukan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan oleh kenaikan nilai rata-rata tes formatif dari 63,6 pada pra-siklus kemudian naik menjadi 79,1 pada siklus I dan 86,8 pada siklus II. Sementara persentase ketuntasan belajar juga mengalami kenaikan dari 31,8% pada pra-siklus, kemudian naik menjadi 72,7% pada siklus I dan 90,9% pada siklus II. Performa guru dan aktifigas siswa juga mengalami peningkatan. Dengan mempertimbangkan hasil yang diperoleh dalam, penggunaan metode diskusi kelompok kecil terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika sehingga ada baiknya metode ini dipertimbangkan untuk dipilih sebagai salah satu alternatif dalam belajar mengajar.