Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Metode Demonstrasi Kartu Bilangan Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas 2 Semester I SD Negeri Tlogoayu Tahun 2012/2013

Main Author: Supriyati
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7537
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil belajar matematika tahun ajaran 2012/2013 pada semester I hanya mencapai rata-rata 60, khusus materi berhitung hanya mencapai rata-rata 58 dan ini belum memenuhi standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Di samping itu kenyataan menunjukkan bahwa bekal kemampuan materi matematika dari guru SD masih kurang memadai sehingga tidaklah mengherankan bila pembelajaran matematika yang dikelolanya menjadi kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Demonstrasi Kartu Bilangan Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan masalah “Apakah penggunaan metode demonstrasi kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan hitung kelas 2 SDN Tlogoayu Kecamatan Gabus Kabupaten Pati ?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Tlogoayu Kec. Gabus Kabupaten Pati sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Proses pembelajaran sebelum tindakan menunjukkan hasil belajar yang rendah yaitu siswa yang nilainya memenuhi KKM sebanyak 4 siswa atau 20% dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40. Terlihat pula kenaikan nilai rata-rata kelas. jika pada pra siklus nilai rata-rata yang dicapai adalah 65, lalu meningkat menjadi 72 pada siklus I , menjadi 82 pada siklus II. Dengan menggunakan Metode pendekatan Demonstrasi pada pelajaran Matematika pokok berhitung kelas 2 semester I SDN Tlogoayu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2. dalam pembelajaran siswa merasa senang dan menikmati proses pembelajaran yang berlangsung dinamis sehingga anak tidak cepat bosan. Pada pelaksanaan pembelajaran guru hendaknya menggunakan metode yang sesuai dengan kondisi siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.