Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Metode Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas 4 Semester I SD Islam Kauman Tahun 2012/2013

Main Author: Sumiati
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7536
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Dalam melaksanakan pembelajaran IPS siswa masih mendapat nilai rendah, yaitu pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa, baru mencapai 25% atau 5 siswa dari 20 siswa. Nilai pelajaran IPS sebagian besar siswa masih dibawah KKM serta kurang memahami konsep yang diberikan guru. Metode pembelajaran yang berlangsung masih sederhana yaitu dengan metode ceramah. Dalam metode ini siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, guru kurang memberikan contoh kongrit atau demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam peajaran IPS malalui metode Problem Based Instruction (PBI) menggunakan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan masalah “Apakah penggunaan Metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas 4 SD Islam Kauman Pati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Kauman Kabupaten Pati sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Proses pembelajaran sebelum tindakan menunjukkan hasil belajar yang rendah yaitu siswa yang nilainya memenuhi KKM sebanyak 5 siswa atau 25% dengan nilai tertinggi 82 dan nilai terendah 47. Siklus I siswa yang tuntas 13 siswa (65%) dan belum tuntas 7 siswa (35%). Pada siklus II naik menjadi 17 siswa (85%) siswa tuntas dan hanya 3 siswa (15%) belum tuntas. Dengan menggunakan metode PBI (Problem Based Instruction) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Kauman.