Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sd Negeri Growong Lor 03 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati melalui Metode Demonstrasi dengan Kartu Angka

Main Author: Sudiyono
Other Authors: Sumardjono, Padmomartono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7529
Daftar Isi:
  • Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika kelas 3 SD Negeri Growong Lor 03 dengan materi nilai tempat menunjukkan kurangnya siswa memahami materi tersebut. Hal ini terlihat hasil belajar siswa hanya mencapai 31% atau hanya 9 siswa yang tuntas dari 29 siswa. Dan rata-rata ketuntasan hanya 50,70. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Growong Lor 03 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Semester I Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Model PTK yang digunakan adalah model target dengan dua siklus dengan langkah - langkah mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 .Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase ketuntasan nilai saat pembelajaran matematika tes awal, siklus I, dan siklus 2. Hal ini juga nampak pada prosentase saat pembelajaran sebelum menggunakan metode demonstrasi dengan kartu angka adalah 31%. Saat siklus 1, prosentase ketuntasan kelas 3 mengalami naik menjadi 76%. Prosentase ketuntasan siklus 2 kelas 3 naik lagi menjadi 100%, artinya pada siklus 2 sudah semua siswa kelas 3 tuntas. Saat pembelajaran matematika melalui metode demonstrasi dengan media kartu angka pada materi nilai tempat siswa lebih aktif dan siswa tertarik dibandingkan sebelumnya. Saran Agar penelitian tindakan kelas ini bisa bermanfaat untuk sesama, maka dikemukakan saran-saran berikut ini:1) Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru hendaknya menggunakan metode mengajar yang bervariasi sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang akan diberikan sehingga dapat menarik perhatian siswa serta dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. 2) Sekolah hendaknya menyediakan alat peraga yang memadai agar dapat membantu guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif serta akan membantu siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran yang muaranya juga akan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah itu.