Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mengukur Bangun Datar melalui Metode Demontrasi dan Diskusi Siswa Kelas 2 SDN Tegalharjo 02 Trangkil Kab. Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Main Author: | Sudarti |
---|---|
Other Authors: | Padmomartono, Sumardjono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7528 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar melalui metode demontrasi dan diskusi pada siswa kelas 2 SDN Tegalharjo 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SDN Tegalharjo 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tiga pertemuan. Setiap silkus ada dua tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan hasil belajar matematika. Hasilnya dapat dilihat pada rata-rata kondisi awal 62.5, siklus I 84.14, dan siklus 2 100.14. Nilai maksimal kondisi awal 82 dan nilai minimal 49, pada siklus I dengan nilai maksimal 100 dan nilai minimal 67. Pada saat mengikuti pembelajaranpun siswa lebih aktif, serta siswa dapat belajar untuk membahas hasil diskusi di depan kelas. Dengan demikian dapat dikatakan pembelajaran dengan metode demontrasi dan diskusi materi bangun datar berdasarkan prinsip pembelajaran matematika PAIKEM yang dilakukan pada siswa kelas 2 SDN Tegalharjo 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati dapat meningkatkan hasil belajar matematika.