Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Watuagung 1 Tuntang pada Pokok Bahasan Bangun Ruang
Main Author: | Anggraeni, Erlinda |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono, Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7514 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa lebih baik. Obyek penelitian adalah siswa kelas V Delik 1 dan siswa kelas V Watuagung 1 di tahun pelajaran 2012 /2013. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini telah diuji cobakan sehingga diperoleh 15 soal yang valid. Menguji cobakan model dilakukan dengan memberikan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan diakhiri dengan pemberian tes pada materi bangun ruang. Data dikumpulkan dengan metode tes yaitu pretest sebagai tes awal sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Diperoleh hasil belajarnya 68,61 dan 67, 95 dengan uji t menunjukkan taraf signifikansi 0,662 < 0,05 yang berarti ada pengaruh hasil belajar antara kedua sekolahan tersebut. Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, pengaruh positifnya berupa peningkatan hasil belajar matematika siswa pada kelas V SD Negeri Watuagung 1 lebih tinggi dibanding kelas V SD Negeri Delik 1, sehingga pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.