Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Istiani, Novi |
---|---|
Other Authors: | Sulasmono, Bambang S., Koeswanti, Henny Dewi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7487 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan metode ceramah terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pabelan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Postest Only Control Design yaitu dalam rancangan ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Teknik tes merupakan teknik utama dalam pengumpulan data, dimana instrumen soal telah diuji validitas dan realibitasnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Uji Ttest dengan bantuan program penghitungan statistik SPSS 18.0 for Windows. Hasil analisis Uji Ttest antara kedua metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan metode ceramah terhadap hasil belajar PKn sebesar -4,919 termasuk pada tingkat signifikan 0,000 pada level 0,05 2-tailed, yang berarti signifikan karena nilai lebih kecil dari 0,05 atau (0,000< 0,05). Rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 83,35 dan kelas kontrol sebesar 76,65 sehingga perbedaan rata-rata pada kedua kelas adalah 6,70. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan metode ceramah terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013, sehingga guru diharapkan semakin meningkatkan kreatifitasnya dalam menciptakan proses pembelajaran yang mampu membangkitkan semnagat kerja sama dan hasil belajar siswa dengan penggunaan berbagai metode pembelajaran. salah satunya guru dapat menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa.