Hubungan Motivasi, Keikutsertaan dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Pelatihan dengan Kinerja Mengajar Dikalangan Guru SMA Negeri se-kota Salatiga

Main Author: Hutomo, Galih Priyo
Other Authors: Muryani, Sri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7450
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi, keikutsertaan dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan pelatihan baik secara individu maupun secara bersama-sama (simultan) dengan kinerja mengajar dikalangan guru SMA Negeri se-kota Salatiga. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, yang disebarkan kepada 53 sampel guru SMA Negeri se-kota Salatiga. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana pearson product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan pada kategori kuat antara motivasi guru dengan kinerja mengajar guru, dengan koefisien korelasi r sebesar 0,601; (2) Terdapat pada kategori rendah antara keikutsertaan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dengan kinerja mengajar guru, dengan koefisien korelasi r sebesar 0,383; (3) Terdapat hubungan pada kategori cukup kuat antara pelatihan guru dengan kinerja mengajar guru, dengan koefisien korelasi r sebesar 0,590; (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan pada kategoi cukup kuat antara motivasi guru, keikutsertaan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan pelatihan guru secara simultan dengan kinerja mengajar guru dengan koefisien korelasi berganda R sebesar 0,457. Variabel motivasi guru, keikutsertaan guru dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan pelatihan guru secara simultan mampu menjelaskan 45,7 % kinerja mengajar guru.