Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dalam Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Sedes, Defiana
Other Authors: Muryani, Sri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
PTK
NHT
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7439
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada mata pelajaran ekonomi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Tengaran. Keberhasilan proses dinyatakan berhasil bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai indicator ketercapaian yaitu skor lebih dari atau sama dengan empat atau kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 71 dan mencapai batas tuntas 80%. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisi data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua jenis data, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif, misalnya dengan mencari prosentase keberhasilan belajar, data kualitatif dianalisis dengan reduksi data, penyajian teks, dan penarikan kesimpulan. Hasil keberhasilan proses pada penelitian tindakan kelas ini adalah aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 3,18 menjadi 4,06 di siklus II.. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78,55 menjadi 92,81 pada siklus II, sedangkan rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 77,42% meningkat pada siklus II menjadi 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 Sma Negeri 1 Tengaran