Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Mengelola Kartu Aktiva Tetap Kelas XI Akuntansi Semester 2 2011/2012 SMK Masehi Psak Ambarawa

Main Author: LusianaYamini
Other Authors: Ismanto, Bambang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7433
Daftar Isi:
  • Proses interaksi dan timbal balik antara siswa dan guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting. Hal tersebut dapat dicapai dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat. Namun dalam kenyataannya guru di SMK Masehi PSAK Ambarawa masih menggunakan metode ceramah, sehingga komunikasi terjadi satu arah saja, sedangkan siswa sibuk dengankegiatan yang tidak berhubungan dengan pelajaran. Hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah dan dibawah KKM.Tujuan penelitian ini adalah apakah dengan penggunaaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya meningkatkan toleransi, ketrampilan sosial, dan motivasi dan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Mengeola Aktiva Tetap Semester 2 Tahiun Pelajaran 2011/2012 SMK MASEHI PSAK Ambarawa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Prorgam Akuntansi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan terdiri dari tiga pertemuan. Keberhasilan proses belajar mengenai aktivitas siswa dinyatakan berhasil bila rata - rata dan nilai belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80% dan nilai toleransi, ketrampilan sosial, dan motivasi siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dngan empat atau kategori baik. Ketuntasan hasil belajar minimal 75% dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal 71. Teknik pengumpulan data dengan observsi, tes, angket, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model STAD mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil keberhasilan proses pembelajaran pada penelitian ini adalah nilai toleransi siklus I menunjukkan nilai tiga atau cukup, siklus II menunjukkan nilai atau kategor baik, ketrampilan sosial siklus I menunnjukkan nilai empat atau kategori baik, siklus II menunjukkan nilai lima atau kategoro sangat baik, dan motivasi siklus I menunjukkan nilai empat atau kategori baik, dan siklus II menunjukkan nilai lima atau kategori sangat baik. Hasil rata- rata ketuntasan belajar yang dicapai siswa sebelum tindakan sebesar 54,63 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 42,10 %. Rata - rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,68 dan ketuntasan belajar sebesar 47,36 %. Rata – rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 85,34dan ketuntasan belajar siswa sebesar 94,73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Devisions) dapat meningkatkan toleransi, ketrampilan sosial, motivasi, dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi pokok bahasan Mengelola Aktiva Tetap kelas XI Program Keahlian Akuntansi Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 SMK MASEHI PSAK Ambarawa.
  • Abstract : The purpose of this study is whether the use of cooperative learning type STAD an effort to increase tolerance, social skills, and motivation and student learning outcomes Subject Accounting Managing Fixed Assets Highlights second Semester Academic in Year 2011/2012 SMK MASEHI PSAK Ambarawa. This study uses Classroom Action Research (CAR). Subjects were students of class XI Accountancy Program.The study consisted of two cycles, each cycle consisting of planning, action, observation and reflection, and consists of three meetings. The success of the process of learning about the activities of students declared successful when the average and grade student has achieved a score of more than or equal to 80% and the value of tolerance, social skills, and motivation of the students had to achieve a score of more than or equal to four or good category. Mastery of learning outcomes at least 75% of all students who have scored at least 71. Observation data collection techniques, tests, questionnaires, unstructured interviews, documentation. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and conclusion.The results of this study indicate that the learning model of STAD able to increase the activity and student learning outcomes. The results of the success of the learning process in this study is the tolerance value indicates the value of the first cycle of three or sufficient, cycle or category II shows the value of good social skills first cycle shows the value of four or good category, Cycle II shows the value of five or category very well, and the motivation cycle I show the value of four or both categories, and the second cycle shows the value of five or excellent category. The results mean - the average mastery learning achieved by students before 54.6) and measures student mastery of 42.10%. The average student learning outcomes in the first cycle of 58.68 and 47.36% for mastery learning. The average student learning outcomes in the second cycle of 85.34 and mastery learning student for 94.73 % Based on the results of this study concluded that the use of cooperative learning type STAD (Student Teams Achivement Divisions) to increase tolerance, social skills, motivation, and student learning outcomes in subjects Subjects Accounting Managing Fixed Assets Accounting Skills Program classes XI Semester two Academic Year 2011 / 2012 SMK MASEHI PSAK Ambarawa.