Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 3 Salatiga

Main Author: Lifandy, Septano
Other Authors: Soesilo, Tritjahjo Danny, Setyorini
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7411
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Salatiga dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan subyek penelitian 17 orang yang memiliki motivasi belajar rendah dan kemudian diberi layanan bimbingan kelompok dengan 8x pertemuan yang terdiri dari 2 kelompok yaitu 9 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan teknik pusposive sampling dari subjek yang telah ditentukan. Instrumen pada penelitian ini yaitu menggunakan skala motivasi belajar yang dibuat oleh penulis berdasarkan teori motivasi belajar menuat Worrel dan Stilwell dalam Harliana (1998). Kemudian dari data yang diperoleh, diolah secara kuantitaif dengan menggunakan Uji Mann Whitney. Sebelum penulis melakukan penelitian, penulis menyebarkan skala motivasi belajar. Dari hasil skala motivasi belajar tersebut diperoleh hasil sebanyak 17 orang memiliki motivasi belajar yang rendah. Kemudian dari 17 orang tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 8 orang sebagai kelompok kontrol dan 9 orang sebagai kelompok eksperimen. Ke 9 kelompok eksperimen tersebut diberikan layanan bimbingan kelompok. Kemudian antara kelompok control dan eksperimen sama-sama diberikan prestest dan post test. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji Mann Whitney memperoleh hasil post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Asymp. Sig. (2- tailed)0,010< 0,050 dan hasil posttest pada mean rank kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 11,94>5.69, bahwa nilai mean rank kelompok eksperimen lebih besardari nilai mean rank kelompok kontrol. Dari hasil tersebut dapat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini, bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA N 3 Salatiga.