Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling dalam Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Kelas XI TEI B SMK N 2 Salatiga

Main Author: Faizun
Other Authors: Dwikurnaningsih, Yari, Padmomartono, Sumardjono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7376
Daftar Isi:
  • Keyakinan diri (Self efficacy) yang kuat menyebabkan seseorang terus berusaha sampai tujuannya tercapai. Namun, apabila keyakinan diri (Self eficacy) tidak kuat, seseorang cenderung akan mengurangi usahanya bila menemui masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui signifikansi Layanan Bimbina kelompok teknik modeling dalam meningkatkan self eficacy siswa XI TEI B SMKN N 2 Salatiga tahun ajaran 2012/2012. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa yang memiliki kategori self efficacy rendah dan sedang dengan teknik pengambilan subjek purposive random sampling. Dari 21 siswa tersebut, kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 10 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 11 siswa menjadi kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self eficacy yang diadopsi dari Lestari (2011) berdasarkan teori Bandura (1997), dengan jumlah 46 item pernyataan. Hasil uji validitas menunjukkan keseluruhan item memenuhi kriteria valid. Skala self efficacy memiliki reliabilitas a = 0,816 dengan nilai validitas terendah 0,306 dan tertinggi 0,616. Dalam penelitian ini kelompok eksperimen diberikan treatment dengan layanan bimbingan kelompok teknik modeling selama 9 kali pertemuan. Teknik analisis yang digunakan yaitu Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for Window Relase 16.0. Dari hasil uji beda postest kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh koeisien Asymp.Sig.2- tailed 0,031 <0,050. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ada perbedaan yang signifikan self efficacy siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil menunjukkan skor mean rank postest kelompok eksperimen sebesar 13,90 meningkat 6,80 dari skor pretest 7,10. Hasil uji beda pretest dan postest kelompok eksperimen diperoleh nilai p = Asymp.Sig 0,010<0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok teknik modeling dapat digunakan untuk meningkatkan secara signifikan self eficacy siswa kelas XI TEI B SMKN 2 Salatiga tahun ajaran 2012/2013.