Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Saraswati Salatiga
Main Author: | Utomo, Trias Adi |
---|---|
Other Authors: | Tagela, Umbu, Setyorini |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7357 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SMK Saraswati Salatiga, dengan populasi seluruh siswa SMK Saraswati Salatiga tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 140 siswa dan sebagai sampel diambil sampel total / total sampling dari semua siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Saraswati Salatiga tahun ajaran 2012-2013. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Konsep Diri yang disusun oleh Dian, S. Sari (2005) yang mengacu pada teori Calhoun & Acocella (1990), dan Angket Motivasi Belajar yang disusun oleh Zahroh (2010) yang mengacu pada teori Walgito (2004). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kendall's tau_b dengan menggunakan program SPSS for windows 17.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Saraswati Salatiga tahun ajaran 2012-2013 dengan hasil koefisien korelasi rxy = 0,505** pada taraf koeisien signifikan 0,000 <0,05. Artinya semakin tinggi skor konsep diri maka skor motivasi belajar juga ikut tinggi, sebaliknya bila skor konsep diri rendah maka skor motivasi belajar juga ikut rendah. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.