Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Gambar Bagi Siswa Kelas VI Semester I SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Sumarsono
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/677
Daftar Isi:
  • Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang ada di Sekolah Dasar. Ilmu Pengetahuan Alam juga salah satu mata pelajaran yang di UASBN, namun sampai sekarang masih banyak siswa yang hasil belajarnya belum meningkat yang dikarenakan minat belajar mereka yang kurang, sehingga guru melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar ini bisa dilaksanakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa Sekolah Dasar kelas VI yang tentunya tidak hanya dalam satu materi pokok saja tetapi apakah bisa diterapkan dalam materi pokok yang lain. Selain hal diatas penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan untuk menarik minat belajar mereka. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dengan menggunakan 2 siklus, dimana penelitian ini dilaksanakan di SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati selama 3 bulan dari bulan Oktober sampai Desember dengan subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 29 yaitu 17 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan yang kemampuan akademiknya heterogen. Variabel yang merupakan sasaran dari penelitian ini adalah variabel terikat / Y ( Hasil Belajar ) dan variabel bebas / X ( Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran ). Prosedur penelitian yang dilakukan berupa perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Perencanaan dilakukan dengan mempersiapkan alat pembelajaran, RPP dan bahan ajar yang diperlukan. Tindakan pembelajaran dilakukan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat yaitu dengan penggunaan media gambar. Observasi dilakukan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rencana sehingga dapat meningkatkan hasil belajar, sedangkan refleksi dilakukan untuk menentukan kegiatan selanjutnya apakah dilakukan remidi atau pengayaan. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari tes akhir, lembar observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan,hal ini dibuktikan dengan hasil yang di peroleh pada siklus I yaitu 60 dan siklus II yaitu 80,27 dengan indikator berbeda dalam kategori meningkat. Hasil siklus II sudah melebihi dari KKM indikator yang ditetapkan yaitu 70. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian yaitu penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas VI semester I SD Negeri Ronggo 03 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, tahun pelajaran 2011/2012. Akhirnya peneliti menyarankan kepada seluruh guru untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran terutama dalam menggunakan alat peraga dan media yang menarik serta bervariasi sehingga dapat membawa siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan batas tuntas hasil belajar siswa dapat tercapai.