Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Tentang Berbagai Jenis Benda Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Margorejo 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Semester 1 Tahun 2011 / 2012
Main Author: | Rawit, Sri |
---|---|
Other Authors: | Kurnianingsih, Yari Dwi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/673 |
Daftar Isi:
- Pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar, khususnya di SDN Margorejo 02 masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai mata pelajaran IPA dibandingkan dengan nilai beberapa mata pelajaran lainnya dilihat dari hasil ulangan harian dimana 14 siswa dari 22 siswa tidak mencapai KKM. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SDN Margorejo 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan waktu kurang lebih 2 minggu, dengan setiap siklus penelitian melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Tentang Berbagai Jenis Benda Melalui Metode Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 teknik, yaitu teknik observasi dan teknik tes.Teknik Observasi dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi yang dibuat untuk digunakan sebagai perangkat pengumpul data. Yang kedua adalah Teknik Tes. Teknik tes dilakukan pada akhir kegiatan pembelajaran dengan menggunakan lembar soal. Penggunaan Model eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pelajaran IPA pokok bahasan berbagai wujud benda kelas IV semester I SDN Margorejo 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati tahun ajaran 2011/2012, hal ini ditunjukkan oleh kenaikan hasil belajar yakni proses pembelajaran sebelum tindakan menunjukkan hasil belajar yang rendah yaitu siswa yang nilainya memenuhi KKM sebanyak 7 siswa atau 37%, siswa yang belum tuntas 11 siswa atau 61% dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 11 siswa atau 61% sedangkan yang belum tuntas 7 orang siswa atau 39%. Nilai minimal menjadi 50 dan nilai maksimal 90. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yaitu jumlah ketuntasan siswa 17 siswa atau 94 %. Skor minimal 70 dan nilai maksimal 100. terdapat kenaikan nilai rata – rata yaitu 65 pada pra siklus menjadi 73 pasda siklus I dan mningkat menjadi 85 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan berbagai wujud benda kelas IV semester I SDN Margorejo 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati tahun ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar.