Analisis Sistem Informasi Perkreditan Menggunakan ITIL Version 3 Domain Service Strategy (Service Portfolio Management, Financial Management, dan Demand Management) di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Unit Beteleme

Main Author: Oktoviani, Esther
Other Authors: Manuputty, Augie David
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Sistem Informasi FTI-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/6630
Daftar Isi:
  • Penciptaan sebuah sistem informasi dibutuhkan ketelitian dalam proses perancangannya, khususnya dalam pengidentifikasian kebutuhan yang sesuai dengan aktivitas bisnis perusahaan. Analisis terhadap sistem informasi dapat memberikan temuan dan rekomendasi apakah sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam mempertahankan eksistensi. Penelitian ini mengunakan analisis deskriptif kualitatif dan kerangka kerja ITIL v3 sebagai acuan dan petunjuk penerapan best practice yang telah diakui. Analisis difokuskan pada sistem informasi perkreditan yang digunakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Unit Beteleme menggunakan Framework ITIL v3 domain strategi layanan beserta proses di dalamnya yaitu manajemen portofolio, manajemen keuangan dan manajemen permintaan. Analisis strategi layanan terhadap sistem informasi perkreditan menghasilkan kesimpulan bahwa manajemen system informasi perkreditan yang ada telah dikelola dengan baik, sehingga diperlukan pemeliharaan secara terus menerus agar pemanfaatannya lebih optimal.