Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 1 Getasan

Main Authors: Prasetyo, Jonet, Sutriyono
Format: Article application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/6501
Daftar Isi:
  • Satya Widya : Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan. Vol. 29, No.2 Desember 2013, p. 108-119
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, setelah diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPNegeri 1 Getasan, dengan dua kelas eksperimen yaitu kelas VIII A yang memperoleh perlakuan berupa Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kelas V III F yang memperoleh perlakuan berupa Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, yang meliputi pretes dan postes. Untuk analisis data menggunakan uji beda t-test. Dari basil penelitian menyatakan bahwa, terdapat perbedaan signifikan antara basil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada mata pelajaran matematika. Nilai rata-rata basil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik, daripada siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT