Penerapan WebGL pada Virtual ShowroomBerbasis 3D
Main Author: | Budi K., Stefani |
---|---|
Other Authors: | Hendry, Somya, Ramos |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/6306 |
Daftar Isi:
- Media Internet tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi atau mencari informasi tertentu namun juga dapat digunakan sebagai media jual beli barang, sehingga mendorong banyak pengembang (developer) berlombalomba untuk membuat website dengan antar muka yang menarik. Namun website yang dibuat oleh banyak pihak pengembang (developer) saat ini masih banyak berorientasi pada objek dua dimensi.Berdasarkan wawancara dan surveiterhadap pengunjung PT.Nasmoco salatiga didapat hasil bahwa kebutuhan konsumen saat ini terhadap sebuah web adalah untuk dapat melihat bentuk nyata dari sebuah objek mobil yang ingin mereka beli dalam bentuk tiga dimensi. Web tiga dimensi adalah solusi terbaik yang dapat digunakan untuk menyelesaikanpermasalahan tersebut, namun kendalauntuk membangun sebuah obyek 3D pada aplikasi web adalah memerlukan pemahamanserta pembelajaran terhadap bahasa pemrograman Java yang rumit, memakan banyak waktu dan tidak efisien, sehingga dikembangkan aplikasi web 3D berbasis teknologi WebGL. Aplikasi ini dibangun mengunakan metode prototype sehinggapengembang perangkat lunakdapat mengelola kebutuhan pengguna secara bertahap dengan menerapkan konsep teknologi web tiga dimensi menggunakan teknologi WebGL pada HTML5