Efektivitas Media Teks Bergambar Kerangka Tubuh Manusia Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Tejosari Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Dewi, Sinta Rahadi Esti
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/619
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media teks bergambar kerangka tubuh manusia terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Tejosari Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan di Sd Negeri Tejosari Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang pada kelas IV A dan kelas IV B semester 1 tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa di kelas A 20 siswa dan jumlah siswa di kelas B 20 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu jenis Quasi Experimental Design. Dengan membandingkan antara kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan media teks bergambar kerangka tubuh manusia dengan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini setelah dilaksanakan analisis data hasil dari uji t-tes diketahui 2,762 dengan probabilitas signifikasi 0,09 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas hasil belajar untuk pembelajaran dengan menggunakan media teks bergambar kerangka tubuh manusia dengan pembelajaran konvensional.. Selisih rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 4,9. Dari hasil uji t-test disimpulkan bahwa media teks bergambar kerangka tubuh manusia berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Tejosari Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2011/2012.