Hubungan Gaya Belajar Asimilasi dan Harga Diri dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parakan Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Main Author: Khuriyah, Siti
Other Authors: Loekmono, J.T. Lobby
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/6048
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara gaya belajar asimilasi dan harga diri dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen gaya belajar dari Kolb Learning Style Inventory (KLSI) yang diadaptasi Wahyuni (2007). Instrumen harga diri menggunakan Self-Esteem Inventory (SEI) yang disusun oleh Coopersmith (1981) dan diadaptasi oleh Yuniarti (Azwar,2009)). Prestasi belajar kimia menggunakan nilai murni ulangan akhir Semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 yang disusun oleh guru kimia. Data dianalisis dengan korelasi bivariate Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar asimilasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan dengan koefisien korelasi 0,533 dan koefisien signifikansi 0,034 < 0,05; (2) ada hubungan yang signifikan antara harga diri dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan dengan koefisien korelasi 0,576 dan koefisien signifikansi 0,048 < 0,05