Penggunaan Metode Fast Feedback Papan Angkat pada Pembelajaran Fisika Tentang Hukumn III Newton

Main Author: Lestari, Indah Dwi
Other Authors: Sudarmi, Marmi, Rondonuwu, Ferdy Semuel
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika FSM-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/603
Daftar Isi:
  • Hasil be/ajar fisiko yang diperoleh siswa pada umumnya belum optimal. Banyak faktor yang menyebabkannya, sa/ah satu faktor ada/ah umpan ba/ik saat konsolidasi kurang diperhatikan oleh guru. Untuk mengatasi permasa/ahan terse but, dirancanglah suatu metode umpan balik cepat (fast feedback), yang pada prinsipnya pengajar dapat memberi umpan balik kepada siswa dalam waktu singkat. Tujuan dari penelitian ini ada/ah membuat model Fast Feedback lain yaitu Metode Fast Feedback dengan Papan Angkat Pada Pembelajaran Fisiko Tentang Hukum Ill Newton dan memberikan contoh metode fast feedback da/am Rencana Pelaksanaan Pembe/ajaran Hukum Ill Newton. Metode penelitian yang digunakan ada/ah metode Penelitian Tindakan Ke/as (PTK) dengan guru sebagai peneliti. Metode fast feed back dilakukan dengan membagi siswa menjadi 10 kelompok, setiap siswa diberi tugas dan jawabannya ditempe/kan pada papan ke/ompok. Jawaban siswa diangkat dan dicek oleh guru. Data yang diperoleh dianalisa secara Deskriptif Kua/itatJf Dari analisa data, dipero/eh hasil penge/ompokkan jawaban siswa berdasarkan jumlah siklus feedback. Kelompok A ( 1 siklus), kelompok B (2 sik/us), dan ke/ompok C ( 3 siklus). Prosentase siswa benar pada ke/ompok A sik/us 1 {:2 70%), kelompok B siklus 1 (30%- 40%) siklus 2 {:2 70%), dan kelompok C siklus 1 (0 %}, sik/us 2 {69,69%), dan sik/us 3 {70%}. Pembe/ajaran di ke/as perlu diulang minimal 2 kali supaya jumlah minimal siswa menjawab benar di ke/as dapattercapai.